Cara Memeriksa Broken Link Pada Blog dan Cara Mengatasinya

Posted by

Cara Memeriksa Broken Link Pada Blog dan Cara MengatasinyaBroken link merupakan link yang sudah tidak ada atau apabila di klik maka akan muncul pesan error 404. Untuk artike sederhanya broken link bisa disebut sebagai LINK RUSAK. Dikatakan broken link atau link rusak ini dikarenakan link tersebut tidak akan dapat di buka atau diakses lagi.

Broken link biasanya terjadi akibat link yang sebelumnya telah terhapus atau sengaja dihapus. Sebagai contoh sederhananya, anda memiliki sebuah blog dan blog tersebut terhapus maka dengan otomatis link ini akan mati dan akan rusak, inilah yang dimaksud broken link.

Namun yang kita bicarakan kali ini bukan semacam itu namun konsepnya sama saja. Broken link pada blog biasa terjadi akibat link yang sebelumnyatelah terhapus. Contoh, anda memiliki sebuah artikel dan artikel tersebut memiliki link yang menuju ke site lain, lalu tiba-tiba saja site tersebut mati, maka site yang dituju itu akan rusak dan menjadi broken link.

Semakin banyaknya link rusak atau broken link pada suatu blog ini tidak bagus untuk blog, alasannya karena search engine tidak suka dengan artikel dan blog yang memiliki broken link yang banyak. Oleh karena itu sebaiknya anda lekas menghapus broken link  yang terdapat pada blog anda.

Cara memeriksa Broken link pada blog
Dalam menemukan broken link pada blog anda, anda sendiri tidak perlu untuk memeriksa satu per satu link yang ada di blog anda, karena itu hanya akan memakan waktu yang amat banyak. Jika anda ingin memeriksa apakah blog kalian terdapat link yang rusak maka untuk lebih mudahnya anda bisa kunjungi situs brokenlinkcheck.com.
  • Masuk kedalam situs Brokenlinkchek.com
  • Setelah masuk  pada site tersebut langkah selajutnya anda perlu memasukan URL blog/website anda ke dalam kotak yang telah disediakan.
Cara Memeriksa Broken Link Pada Blog dan Cara Mengatasinya
  • Langkah selanjutnya klik tombol Find Broken Links, tombol ini gunanya untuk melakukan pencaria link rusak pada blog anda.
  • Tunggu hingga proses pemeriksaan link rusak (broken link) di seluruh halaman website atau situs anda selesai.
  • Lihatlah hasilnya.

Apabila pada sebuah hasil pemeriksaan itu berjalan mulus atau tiada broken link sama sekali pada blog anda berarti anda telah lulus dari adanya broken link. Namun sebaliknya, jika disitus anda terdapat broken link maka langkah yang harus anda ambil adalah segeralah untuk memperbaikinya mulai saat ini. Dibawah ini contoh jika hasil dari pemeriksaan tersebut tidak terdapat broken link.
Cara Memeriksa Broken Link Pada Blog dan Cara Mengatasinya

Sebenarnya masih ada cara lain untuk memeriksa adanya broken link pada blog anda, cara tersebut menggunakan webmaster tools. Namun sebelumnya situs anda harus sudah terdaftar terlebih dahulu untuk melihat adanya broken link atau tidak. Anda merasa pernah atau sudah mendaftarkan atau input url kedalam Webmaster tools maka inilah cara dalam mengeceknya.
  • Masuk ke dalam google webmaster tools
  • Pilih website anda
  • Kemudian pada dasboard pilih menu crawl atau perayapan pada bahasa indonesia.
  • Klik Crawl error

Silahkan anda mengeceknya apakah ada eror di dalam sana ? jika tidak berarti anda telah aman. Untuk memperpaham pada cara diatas ini mungkin gambar dibawah dapat membantu anda agar lebih mudah memahami apa yang dimaksud dari cara-cara yang telah saya berikan.
Cara Memeriksa Broken Link Pada Blog dan Cara Mengatasinya


Dengan begini blog anda akan terasa lebih fresh tanpa adanya broken link yang mengganggu. Seperti yang telah saya jelaskan bahwa broken link akan mempengaruhi Perayapan mesin pencari, oleh karenanya anda perlu melakukan pengecekan seperti cara yang telah saya berikan. Semoga bermanfaat untuk anda dan semoga situs anda sekarang terhinda dari broken link.

Blog, Updated at: 11:42:00 AM

2 komentar: